Kapan datang Super 3G di Indonesia??

Belum lama berselang layanan teknologi 3G diperkenalkan di Indonesia, bahkan 3.5G diluncurkan oleh berbagai operator, kita juga harus bersiap-siap agar tidak shock mengenal teknologi seluler yang masih pada generasi ketiga yaitu SUper 3G. Teknologi super 3G ini tidak lain adalah HSDPA (High Speed Downlink PAcket Access). Akan tetapi jika 3G atau generasi ketiga dari evolusi komunikasi bergerak ditawarkan dengan kecepatan 384 kbps pada kondisi statis atau bergerak pelan, 128 kbps pada kondisi bergerak/kendaraan dan 2 Mbps untuk kondisi fixed, maka Super 3G menawarkan kecepatan hingga 100 Mbps. Dengan 100 Mbps, pengguna akan leluasa untuk menikmati layanan video, music, video conference, bermain game online, download, dll.

Teknologi mobile ini diramalkan akan menjanjikan di tahun-tahun mendatang dan berpeluang untuk menantang layanan akses internet komunikasi fixed line. Super 3G sekarang tengah digodok oleh konsorsium 3GPP yang terdiri dari 200 vendor telepon selluler dan operator. Studi awal dipelopori oleh NTT DoCoMo, Alcatel, Lucent, Nokia, Cingular, Ericsson, Vodafone, Siemens, Qualcomm, MOtorola, Nortel,T-Mobile, dan diharapkan telah siap pada Juni 2007. Selain dari infrastruktur jaringan, pengguna juga harus memiliki handset Super 3G yang kompatibel dengan layanan teknologi yang diberikan, seperti Motorola RAZR MAXX, BenQ EF91 dan 02 XDA Trion PDA.

Nah, pertanyaannya, kapan SUper 3G digelar di Indonesia?? Hal ini bergantung dari itung-itungan CAPEX dan OPEX operator selluler yang sebelumnya telah menggelar 3G dan kemungkinan kerjasama dengan operator yang telah lebih dulu menerapkan seperti NTT DoCoMo. Jelas operator tersebut perlu untuk perlu berhitung dan berkaca dari layanan 3G yang sekarang telah digelar dengan tetap mempertimbangkan bagaimana regulasinya, yang jelas SUper 3G ini tetap menggunakan frekuensi 3G sehingga tidak perlu ada regulasi berkaitan pengaturan frekuensi. Melihat dari kemampuan teknologi yang ditawarkan, diharapkan teknologi ini bisa mendorong penetrasi akses informasi maupun internet di Indonesia.

  1. #1 by benbego on October 28, 2007 - 07:59

    Mas, numpang nyampah ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: