hukum mengucapkan selamat natal

christmast tree

christmast tree

Tak ada yang salah dalam mengucapkan salam/selamat. Selamat pagi, selamat malam, selamat tidur, selamat tinggal merupakan hal yang lumrah diucapkan. Tapi jangan ditanya ketika yang diucapkan adalah selamat natal, hari raya umat kristiani mengenang kelahiran yesus. Beragam pendapat baik pro maupun kontra, dari para ulama hingga orang awam bisa kita temui. Pendapat seorang teman mengatakan bahwa dengan kita mengucapkan selamat natal maka sama saja kita mengakui ketuhanan trinitas yang menjadi dasar bahwa yesus adalah tuhan dan tuhan adalah yesus. Maka dengan menyamakan Tuhan dengan ciptaannya maka kita adalah musyrik. Pendapat ini hampir dipegang di semua kalangan  dalam menyikapi hukum selamat natal. “Survey” kecil-kecilan, dari 80 orang yang saya kirimi ucapan sms secara broadcast dengan teks sebagai berikut :

“Selamat Natal, Selamat Tahun Baru Hijriyah, Selamat Tahun Baru 2009 bagi temen2 yg merayakannya. mudah2an dengan hikmah dan pelajaran di tahun ini memunculkan harapan  & semangat baru di tahun yang baru serta mendapat berkah dari Allah.”

“Selamat Hari Natal, semoga berkah Tuhan selalu dilimpahkan pada kita semua.”

Ada 2 balasan sms yang menarik. Yang pertama adalah balasan dari seorang teman muslim yang menyatakan kontra terhadap sms pertama, dan satu lagi sms dari teman kristiani yang keheranan terhadap ucapan pada sms kedua, berikut saya cuplik balasan smsnya.

“Boleh sedikit masukan? selmat natalnya ditiadakan..dgn mengucapkan selamat natal sama saja mengakui tuhan mereka, sedang tiada sekutu bagi ALLAH.”

“Aku gak nyangka kmu krim sms, soalnya kamu kan lebaran bukan natalan.”

Sedangkan ucapan selamat natal ke 6 teman lainnnya yang kristiani ditanggapi positif dengan berbalas harapan kebaikan.

Bagaimana pendapat anda?

, ,

  1. #1 by adis on December 30, 2008 - 01:35

    sebelum bertanya boleh apa tidak mengucapkan natal, seharusnya di lihat dulu masalah kontroversi tgl 25 desember apa benar itu kelahiran yesus (nabi isa as)? atau itu kelahiran dewa mata hari dari yunani (Ra)?
    kalau umat nasrani merayakan kelahiran dewa matahari, ngapain umat muslim ngucapin selamat???
    kembali kezaman jahiliyah donk🙂

    adis yang baik, Secara fakta, kita tidak bisa mengiingkari bahwa kelahiran Yesus/Isa as diperingati kaum kristiani kebanyakan pada tanggal 25 Desember, atau bahkan ada yang 7 Januari, klo tidak salah ini kristen ortodoks. Di dalam Islam sendiri, kemuliaan hari jumat adalah berkat datangnya sang juru selamat, Isa as dan kelahirannya pun bukan di kandang domba, tapi di tepi sungai eufrat dan di bawah pohon kurma. Kelahiran tanggal 25 yang katanya adalah adalah kelahiran Ra pun kl menurut saya ndak perlu dipermasalahkan, toh dewa tersebut tidak ada dan kita sendiri tidak mengakui adanya tuhan2 yg seperti itu, yang kita akui adalah kelahiran Yesus/Isa. Sederhananya..umat kristen salah memberi tanggal atau kesulitan membuktikan dan cenderung apatis terhadap kebenaran 25 desember tersebut. Coba tanya ke mereka, tgl 25 itu mereka merayakan kelahiran sang juru selamat, ruhullah, Yesus/Isa as apa dewa matahari. Dan yang perlu digarisbawahi, mengucapkan natal itu bukan hukumnya wajib lhooooo, kl ndak punya teman dekat, rekan kerja yang kristen gak usah umbar2 deh selamat natalnya. Untuk saya pribadi yang punya temen2 kristiani dalam kerangka toleransi dan kasih sayang pada minoritas, boleh dongg saya ngucapin..:)

  2. #2 by YOYO on December 30, 2008 - 08:48

    Dulu mata & telinga saya tertutup untuk melihat pelangi & dengarkan alunan nada musik, itu semua karena keterbatasan hati saya untuk melihat beragam perbedaan disekelling kita. Terima perbedaan bukan untuk mengiyakan ataupun meniadakan keyakinan iman orang lain tapi menyadari sepenuhnya dengan hati kita .
    ” SELAMAT UNTUK ANDA YANG TELAH MELIHAT PELANGI & MENDENGAR MUSIK KEHIDUPAN ”

    betul, memahami perbedaan itu bukan berarti setuju dan meyakini apa yang diyakini orang lain, melainkan meneguhkan keyakinan kita dan menuturkan dengan santun perbedaan yang kita miliki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: