Tips Mengirim Lamaran Kerja Via e-mail

Tulisan ini berangkat dari pengalaman menerima lamaran via email. Lamaran tersebut dikirim dengan cara yang beragam dan menurut saya banyak “kesalahan” atau dengan bahasa yang tidak menghakimi sebagai ketidak tepatan. Hal tersebut bisa terjadi karena perusahaan yang mengirim sebuah lamaran baik itu di surat kabar maupun via web memang tidak menginfokan prosedur pengiriman e-mail yang diinginkan. Wajar saja,  karena info prosedur tersebut akan membuat biaya pencantuman lowongan kerja akan menjadi lebih mahal. Tips tersebut saya rangkum sebagai berikut:

1. Lamaran hendaknya efektif. Surat lamaran tidak perlu di attach, cukup ditulis di badan email saja.  Cukup CV/riwayat hidup yang di attach. Sertifikat/ijazah,dll cukup dibawa ketika dipanggil wawancara kecuali diminta untuk dikirimkan via email.

2. Kirim lamaran (CV atau riwayat hidup)  dalam format yang umum digunakan, semisal Word Versi 2003 (versi 2007 masih belum banyak digunakan) atau pdf.

3. Perhatikan Ukuran file, jangan lebih dari 100- 300 KB. Jika memasukkan foto ke dalam CV/riwayat hidup, jangan lupa memperkecil ukurannya dulu, agar besar file ketika disimpan tidak membengkak.

4. Simpan file/folder dengan nama yang jelas, misal : CV_Andi_Marketing

5. Jangan lupa isi subjek dengan posisi lowongan kerja yang diajukan dan nama perusahaan yang dituju untuk penegasan. Misal: Marketing PT. Gondal Gandul

6. Penting Sekali!! Jangan lupa gunakan nama pengirim yang jelas dan sesuai dengan nama pelamar, jangan menggunakan nama samaran atau username email. Untuk mengubahnya, silahkan dioprek settingan emailnya.

Postingan ini hanya memberikan tips mengirim lamaran via email, jika mencari bagaimana membuat lamaran kerja yang baik, silahkan googling.

, , , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: